Review Penginapan Selama di Macau

5:27 PM

Selain harga hotelnya mahal (jika dibanding di Hongkong), Macau juga termasuk negara yang jarang banget ada hostel. Entah jarang atau memang nggak ada saya kurang tau karena kemarin saya nggak nemu. Berdasarkan survey, harga hotel rata-rata disana berkisar 1 jutaan (tahun 2017). Karena waktu itu saya maunya jalan-jalan hemat, jadi menginap di hotel sudah jelas dicoret dari daftar pilihan. Yang paling memungkinkan adalah mencari orang yang menyewakan kamar (open hosting).

    Thanks Airbnb!  

Untuk mencari penginapan tipe open hosting, saya sangat terbantu dengan aplikasi yang namanya Airbnb. Harganya sangat variatif dan bisa disesuaikan isi kantong. Mulai dari yang 200-300 ribuan sampai yang harganya jutaan, semua ada. Oh ya selain sewa kamar, ada juga sewa apartment. Jadi kalau perginya rame-rame atau bareng keluarga, bisa sewa satu apartment biar lebih hemat.

 Baca juga:   Review Penginapan Selama di Hongkong


Karena saya cuma berdua waktu itu, jadi kita pesan satu kamar yang bisa untuk berdua. Pilihannya jatuh pada kamar yang disewakan oleh Yy (Waiwai), salah seorang penduduk Macau yang juga hobi traveling. Harga kamar yang disewakan sebesar $70.66 atau sekitar Rp974.000 per malam untuk 2 orang (tahun 2017). Lalu karena saya mendaftar Airbnb lewat referral link, saya tinggal membayar  Rp618.000  alias Rp309.000 per orang.

    Some Photos 

Apartment Yy dari sebrang jalan
Kamar yang saya pesan 
Salah satu yang membuat nyaman dari kamar ini adalah jendelanya yang luas jadi bisa lihat pemandangan luar
...dan furniture-nya yang lengkap: ada lemari besar yang lebih dari cukup, gantungan baju, karpet (nggak kefoto), dan meja kursi. Oh ya di dalam lemari juga ada selimut dan bantal kalau misal kurang.
Kamar lain yang disewakan. Kalau dikamar yang saya tempati view dari jendelanya jalan raya dan gedung, di kamar ini view dari jendelanya laut! Harganya sama ya, btw. Sayangnya waktu saya kesana status kamarnya sudah booked
Living room dan dining room yang bisa dipakai kapanpun. Oh ya, Yy nggak memperbolehkan tamunya makan di dalam kamar. Jadi kalau mau makan, harus di meja makan. Nah yang lagi duduk di foto itu teman saya, Uzi 😀
Dibalik pintu itu ada balkon yang view-nya laut, tepatnya di sebalah living room. Jadi kalau pagi-pagi kita bisa duduk ngeteh sambil memandangi laut (kalau paginya nggak tepar 😆)
Pemandangan laut dari balkon. Lebih bagus aslinya kok dibanding yang ada di foto ini.
Untuk kamar mandi, cuma ada satu shared bathroom untuk 2 tamu. Biasanya Yy akan bikin jadwal, jam berapa kamar mandi khusus digunakan oleh masing-masing kamar dan jam berapa kamar mandi bebas digunakan oleh semua orang. Letaknya pas disamping kamar, jadi nggak perlu khawatir ribet
Toiletries yang disediakan juga lengkap. Jadi nggak perlu bawa peralatan mandi selama traveling
Yang ini menu sarapan kita: bihun goreng dan susu kedelai. Waktu itu kita pesan makanan halal, jadi Yy hanya memberi campuran sayur dan telur di bihunnya. Mungkin khawatir nggak memenuhi syarat halal kalau dicampur ayam atau daging. Oh ya, bihun dan susu kedelai ini homemade, dibuat sendiri oleh ibu Yy!
Ini foto waktu kita sarapan. Cuma ada kita berdua. Menginap di rumah Yy ini memang sewa kamar serasa sewa rumah. Ibu Yy ada, tapi hanya sesekali keluar untuk mempersilahkan makan atau untuk menanyakan bagaimana jalan-jalannya. Selebihnya, lebih banyak di dalam kamar
Mungkin karena suka traveling, jadi Yy ini ngerti banget apa yang kami butuhkan sebagai orang yang baru pertama kali mengunjungi Macau. Ini chat Yy waktu memberi petunjuk jalan cara balik ke apartment. Sampai dikirimin gambar arah-arahnya saking khawatir saya bingung dan tersesat. Baik ya...
Dari kiri ke kanan: Uzi, Yy, saya


   
 Wonderful Place with Super Nice Host 

Menginap disini, selain dapat kamar yang nyaman, kamu bisa dapat bonus host (penyewa) yang ramah, baik, dan bisa jadi guide kalau kita bingung mau kemana. Seperti di foto sebelumnya, Yy sampai menunjukkan arah pakai gambar. Nggak heran kalau di Airbnb, dari ratusan orang yang pernah menginap, semuanya memberi bintang 5.

Oke, saya akan coba buatkan list kenapa harus menginap di tempat Yy. Biar lebih gampang dijadikan bahan pertimbangan teman-teman yang mungkin sedang bingung memilih penginapan. 
  • Diarahkan dan dijemput. Jauh sebelum berangkat, saya sudah ditanya-tanya sudah tahu belum nanti dari bandara naik apa. Pas saya bilang belum, Yy langsung menjelaskan nanti naik ini-turun disini dan bilang kalau nanti Yy akan menunggu di halte. Yy juga cerita banyak tentang Macau dan tempat-tempat mana yang bagus dikunjungi. 
  • Akses ke bandara mudah. Cuma sekali naik bus (saya lupa nomor berapa).
  • Bisa tukar koin receh. Karena tahu di Macau kita liburan, Yy sudah menyiapkan apa yang tamunya mungkin bakal butuhkan. Salah satunya uang receh. Jadi, di Macau, kalau naik bus harus bayar dengan uang pas, yaitu recehan 4.2 MOP.
  • Bisa titip koper atau barang sebelum waktu check-in. Kalau kita sampai Macau pagi dan mau langsung jalan-jalan, nggak perlu bingung nanti koper atau bawaan mau dititip dimana.
  • Menyediakan sarapan dan bisa request makanan halal. Btw, jarang penginapan di Macau yang menyediakan fasilitas free breakfast, apalagi yang halal.
  • Free air minum kemasan dan air panas. Mau bikin popmie/kopi/susu? Aman 👍🏽
  • Bisa bahasa inggris. Nggak banyak orang yang bisa bahasa inggris di Macau, jadi punya host yang bisa bahasa inggris bisa dihitung sebagai nilai plus.
  • Dari 100an lebih orang yang pernah menginap, semuanya memberi bintang 5. Keberadaan bintang ini sangat penting bagi saya kalau mau memesan penginapan via online apalagi di negeri orang. Dari bintang dan review saya bisa tahu apa penginapan tersebut benar-benar bagus atau cuma bagus fotonya.
  • Gratis teh Macau!
Ini teh Macau yang spesial dibuat oleh ibu Yy. Rasanya agak beda sih sama teh yang ada di Indonesia. Teh yang ini bisa dibilang jenis teh bunga-bungaan karena nggak ada rasa daun tehnya sama sekali. Saya dan Uzi sih suka ❤️


   
 Where to Book 

Gimana? Apa apartment Yy masuk ke kriteria penginapan yang kamu cari? Kalau iya, bisa langsung booking di link di bawah ini! Oh ya, buat kamu yang belum pernah pakai Airbnb, bisa daftar pakai referral link di sini untuk dapat diskon seperti yang saya dapat ketika booking kamar ini. Lumayan, bisa hemat sekitar Rp350.000. Happy holiday ☺️


You Might Also Like

3 komentar

  1. Cara bookingnya gimana? kok klik book now nya ngga langsung ke halamannya dia. ada kontak wa nya ngga kk. Infokan ke wa saya ya kk 08128221841

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, mas. Maaf saya baru cek blog. Kayaknya link nya udah expired ya. Coba ke link ini mas. Semoga infonya belum telat. https://www.airbnb.co.id/rooms/19199630

      Delete

Instagram