Cara Membuat 'About Me' Kreasi Sendiri di Side Bar

2:29 PM

Awalnya, saya kira profil "About Me" itu bisa dibikin sesuai kreasi karena di-coding sendiri. Tapi ternyata enggak ya 🙈 Setelah baca blognya mba Hana, saya jadi amazing sendiri, ternyata caranya simpel. Setelah saya coba-coba, ini dia hasil prakteknya.






Secara umum, isi dari 'About Me' terdiri dari 3 komponen: foto, deskripsi, social media button. Tapi ini sesuai selera sih mau diisinya apa. Yang penting singkat, jelas, padat, nggak kepanjangan. Yaudah, langsung aja langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut.


1. Membuat Entri Baru

Pilih menu 'Pos' > ''Entri Baru'
'About Me' yang saya buat

Seperti yang tadi saya bilang, 'About Me' punya saya terdiri dari 3 komponen. Pertama adalah foto atau gambar. Di sini saya pakai gambar (sebagai pengganti foto) yang ukurannya square atau panjang lebarnya sama. Di dalam postingannya, saya pilih ukuran yang small dan marginnya center.


Source: Giovana Medeiros

Yang kedua adalah deskripsi. Bagian ini bebas sih mau diisi apa. Silahkan disesuaikan masing-masing kebutuhan. Dan yang ketiga adalah social media buttonCara membuat social media button ini sebenernya simpel, memanfaatkan fungsi insert image dan add link
  • Download gambar social media icon yang ingin ditampilkan. Tinggal pilih di sini.
  • Buat satu social media icon satu gambar. Kalau mau menampilkan 5 social media icon, berarti nanti ada 5 gambar yang di-upload.
  • Upload semua gambar social media icon
  • Link masing-masing social media icon ke akun media sosial
  • Pilih ukuran small

Gambar social media icon yang akan di-upload

Ukuran gambarnya saya pilih small

Menambahkan link ke masing-masing social media icon


2. Tempel Kode HTML ke Side Bar

Setelah foto, deskripsi, dan social media icon selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah menempelkan kode HTML ke side bar. Langkah-langkahnya sebagai berikut.
  • Copy kode HTML dari entri yang sudah dibuat (klik tab 'HTML')
  • Buka tab 'Tata Letak'
  • Tentukan dimana profil 'About Me' akan ditampilkan > Klik 'Tambahkan Gadget' > Pilih 'HTML/JavaScript'
  • Klik tulisan 'Edit HTML' > paste kode HTML
  • Klik tulisan 'Rich Text' > Rapikan tampilan (jika perlu)
  • Klik tombol 'Simpan'

Masih di entri yang tadi dibuat, klik tab 'HTML' > copy kode HTML

Klik tab 'Tata Letak' > klik 'Tambahkan Gadget' > pilih 'HTML/JavaScript'

Masukkan judul > Klik tulisan 'Edit HTML'

Klik tulisan 'Rich Text', tampilannya akan berubah seperti gambar di atas


3. Selesai 👏🏼

Setelah disimpan, "About Me" yang sudah dibuat bakal tampil di side bar situs blog kita. Tinggal dites, harusnya sih kalau tombol social media diklik akan langsung diarahkan ke halaman media sosial kita.

Oke, selamat mencoba dan semoga berhasil. Kalau ada yang masih bingung atau punya cara membuat profil "About Me" yang lebih keren, boleh banget komen di sini ;)

You Might Also Like

0 komentar

Instagram